MUSUH BATMAN - DEADSHOT

Batman antara superhero yang memiliki ramai musuh. Setiap Musuh-musuh Batman mempunyai karakter dan ciri ciri menarik. setiap musuh musuh batman juga mempunyai kisah silam yang sangat menyedihkan yang menjadikan punca dan alasan mereka untuk menjadi salah seorang penjahat yang popular dalam filem dan komik




DEADSHOT

Deadshot (Floyd Lawton) adalah salah satu penembak jitu terbaik di DC Universe. Senjata favoritnya adalah dua senjata api yang terpasang di pergelangan tangan. Ia memulai aksinya sebagai vigilante di kota Gotham, namun akhirnya beralih profesi menjadi pembunuh dan prajurit bayaran. Dalam berbagai kisah komiknya, Deadshot seringkali menjadi anggota penting grup Secret Six dan Suicide Squad.Nama asli Deadshot adalah Floyd Lawton. Ia terlahir dalam keluarga kaya. Ayahnya, George Lawton, mempunyai bisnis real estate, sedangkan ibunya, Genevieve Lawton, merupakan keturunan keluarga bankir kaya raya. Floyd memiliki saudara laki – laki bernama Edward Lawton, yang berstatus ‘anak emas’. Meski ayah dan ibunya memperlakukan saudaranya lebih baik dari dirinya, Floyd tidak iri pada Edward, malahan ia mengidolakan sang kakak.Suatu hari, sang ibu menyuruh kedua anaknya untuk membunuh ayah mereka, karena sang ayah ketahuan selingkuh. Edward setuju dan mengunci Floyd dalam sebuah ruangan yang saat itu hendak memperingatkan ayahnya. Beruntung, Floyd berhasil membebaskan diri, ia pun bergegas mengambil senapan berburunya. Di tempat lain, Edward sudah menembak ayahnya di perpustakaan lantai dua, membuatnya lumpuh seumur hidup dan tengah bersiap membunuh sang ayah. Floyd memanjat sebuah pohon, lalu berusaha membidik senjata yang dipegang saudaranya. Namun, tak disangka, sebuah ranting patah, Floyd terkejut dan tak sengaja menembak Edward tepat di antara kedua matanya. Floyd malah membunuh saudara yang ia sayangai dan menyelamatkan ayah yang ia benci.Insiden ini ditutup – tutupi demi menjaga nama baik kelurga. George enggan menceraikan Genevieve, dan membiarkannya hidup sendirian dengan bekal uang seadanya.Beberapa lama setelah peristiwa itu, Floyd Lawton belajar dan berlatih di bawah bimbingan pembunuh professional bernama David Cain, yang mengajarkannya teknik menembak.


Siapa Deadshot ?

Siapa-Sebenarnya-Deadshot-DC
Nama asli Deadshot adalah Floyd Lawton. Ia terlahir dalam keluarga kaya. Ayahnya, George Lawton, mempunyai bisnis real estate, sedangkan ibunya, Genevieve Lawton, merupakan keturunan keluarga bankir kaya raya. Floyd memiliki saudara laki – laki bernama Edward Lawton, yang berstatus ‘anak emas’. Meski ayah dan ibunya memperlakukan saudaranya lebih baik dari dirinya, Floyd tidak iri pada Edward, malahan ia mengidolakan sang kakak.
Suatu hari, sang ibu menyuruh kedua anaknya untuk membunuh ayah mereka, karena sang ayah ketahuan selingkuh. Edward setuju dan mengunci Floyd dalam sebuah ruangan yang saat itu hendak memperingatkan ayahnya. Beruntung, Floyd berhasil membebaskan diri, ia pun bergegas mengambil senapan berburunya. Di tempat lain, Edward sudah menembak ayahnya di perpustakaan lantai dua, membuatnya lumpuh seumur hidup dan tengah bersiap membunuh sang ayah. Floyd memanjat sebuah pohon, lalu berusaha membidik senjata yang dipegang saudaranya. Namun, tak disangka, sebuah ranting patah, Floyd terkejut dan tak sengaja menembak Edward tepat di antara kedua matanya. Floyd malah membunuh saudara yang ia sayangai dan menyelamatkan ayah yang ia benci.
Insiden ini ditutup – tutupi demi menjaga nama baik kelurga. George enggan menceraikan Genevieve, dan membiarkannya hidup sendirian dengan bekal uang seadanya.
Beberapa lama setelah peristiwa itu, Floyd Lawton belajar dan berlatih di bawah bimbingan pembunuh professional bernama David Cain, yang mengajarkannya teknik menembak.

Latar Belakang Penciptaan Karakter Deadshot

Sejarah-deadshot-dc
Karakter Deadshot diciptakan oleh David Vern Reed dan Lew Sayre Schwartz. Karakter ini memulai debutnya dalam komik Batman #59. Karakter supervillain yang ahli menembak ini dikembangkan lebih jauh oleh John Ostrander dan Luke McDonnel. Kisah Deadshot diceritakan kembali dalam seri New 52 oleh Adam Glass dan Federico Dallocchio.

Evolusi Karakter

Profil-dan-Biografi-Deadshot-DC
Pada masa Golden Age, tidak banyak yang diketahui tentang Deadshot. Baru pada masa Modern Age, karakter penjahat ini mendapatkan kisah origin seperti yang kami terangkan di atas.
Dalam komik seri new 52, asal usul Deadshot mengalami perubahan. Diceritakan bahwa Floyd adalah anak keluarga miskin, yang tumbuh besar di gang sempit kota Gotham. Suatu hari ia menjadi yatim piatu ketika seluruh keluarganya (ayah, ibu, dan saudara perempuannya) tewas terkena peluru nyasar perkelahian antar geng. Bertekad membalas dendam, Floyd pun berlatih untuk menjadi ahli menembak.
Origin baru Deadshot ini tidak bertahan lama. Asal usulnya pun dikembalikan seperti yang pernah diceritakan pada masa Modern Age. Dalam komik dikisahkan bahwa Deadshot ternyata berbohong tentang masa lalunya sebagai anak miskin.

Deadshot Pernah Menggantikan Batman

Cerita-tentang-Deadshot-DC
Floyd Lawton pindah ke kota Gotham bersama pelayannya Stevens dan hidup sebagai playboy kaya raya di rumah besar. Di lain kesempatan, Floyd menjadi Deadshot, seorang vigilante bertopeng domino dan mengenakan tuxedo. Tembakannya tidak pernah meleset namun juga tidak membunuh korbannya. Ia sempat bekerja sama dengan komisaris Gordon ketika Batman dan Robin sedang tidak bertugas. Aksi Deadshot menjadikannya sangat populer, bahkan Bat-Signal pernah akan digantikan Deadshot-Signal.
Ketika Batman menyelidiki Deadshot, ia menemukan fakta bahwa sang vigilante ternyata juga bekerja sama dengan para penjahat, dan berusaha mengalihkan perhatian polisi dari tindak kejahatan yang lebih serius. Deadshot mengacam akan membunuh Batman, jika berani membeberkan rahasianya.
Batman akhirnya mengetahui identitas rahasia Deadshot dan memutuskan untuk mendatangi kediamannya. Di rumah Deadshot, Batman merusak alat pembidik senjata agar Deadshot tidak bisa menembak dengan akurat. Benar saja, ketika Deadshot mencoba menembak Batman, sang penjahat meleset dan ia pun ditangkap dan dijebloskan ke penjara.

Slide2

Suicide Squad

Kisah-Deadshot-Gabung-Suicide-Squad
Suicide Squad adalah sebuah tim beranggotakan para penjahat tahanan penjara Belle Reve. Tim ini dibentuk dan dipimpin oleh Amanda Waller. Anggota Suicide Squad akan mendapatkan imbalan berupa pengurangan masa tahanan jika berhasil melaksanakan misi mereka.
Deadshot selalu menjadi anggota inti Suicide Squad dalam dua versi terakhir tim ini. Keahliannya menembak dan sikap tak takut mati yang ia tunjukkan, menjadi keuntungan tersendiri bagi tim.
Kecenderungan Deadshot yang selalu menantang maut adalah sikap yang paling menonjol dari karakter ini. Tujuan utamanya bergabung dengan Suicide Squad karena ia ingin mati dengan cara yang spektakuler. Penjahat yang sering menggunakan kostum berwarna merah ini sebenarnya sudah tidak punya hasrat untuk hidup, namun ia juga enggan mati dengan cara bunuh diri. Ada banyak alasan yang dicurigai sebagai penyebab Deadshot bersikap seperti ini, alasan yang paling populer adalah rasa bersalah karena membunuh saudaranya dan keadaan keluarga yang tidak harmonis.
Keinginan Deadshot hampir terkabul ketika ia menembak senator yang berencana membeberkan keberadaan Suicide Squad. Ia menembak mati sang senator demi mencegah atasannya Rick Flag membunuh pejabat negara tersebut. Beberapa lama kemudian, Deadshot pun ditembaki para polisi atas tindakannya itu. Namun sayang, walaupun terluka parah, Deadshot tidak mati dan akhirnya kembali bergabung dengan Suicide Squad.

Secret Six

Deadshot-dan-Secret-Six
Secret Six adalah sebuah tim yang dihuni  6 villain dan dipimpin oleh sosok misterius bernama Mockingbird
Deadshot kembali bergabung dengan grup Secret Six dan ikut dalam berbagai misi. Ia kian dekat dengan anggota tim selama melaksanakan misi bersama, bahkan beberapa kali hampir mengorbankan nyawanya demi mereka.
Dalam sebuah misi, Deadshot dan anggota Secret Six lain dipancing datang ke Belle Reve oleh Amanda Waller yang ingin mantan anak buahnya itu kembali bergabung dengan Suicide Squad. Namun ketika Secret Six berhasil lolos dari perangkap Amanda Waller, Deadshot menolak mentah – mentah tawaran handler Suicide Squad tersebut. Deadshot tetap menjadi anggota Secret Six, sampai akhirnya tim ini dibasmi para superhero Gotham.

Kekuatan dan Kemampuan Deadshot

Suicide-Squad-Movie-Deadshot-Guns
Deadshot tidak memiliki kekuatan super, ia hanya manusia biasa yang memiliki berbagai skill / kemampuan mumpuni yang dilatih cukup lama. Berikut daftar lengkap kemampuan Deadshot :
Ahli Menembak – Deadshot sangat ahli membidik atau menembak. Ia dikenal sebagai orang yang tidak pernah meleset dan diakui sebagai penembak jitu terbaik di dunia. Saking hebatnya, penjahat yang satu ini mampu membidik sasaran yang tidak mungkin dibidik. Ia mampu mengenai sasaran menggunakan berbagai senjata dan peluru, bahkan dengan penjepit kertas sekalipun.
Kemampuan dan pengetahuan taktis tentara – Deadshot sangat terlatih dan berpengalaman menggunakan berbagai senjata, dan ahli bela diri tangan kosong. Dia memiliki pengetahuan tentang titik tekan tubuh manusia yang memudahkannya melumpuhkan lawan. Selain itu, Deadshot sangat terlatih dalam hal espionase dan penyamaran.
Stamina tinggi – Deadshot memiliki stamina tinggi.
Tangkas – Sebagai mantan tentara, Deadshot juga lincah / tangkas melakukan berbagai gerakan.
Refleks yang bagus – Deadshot memiliki refleks yang dapat diandalkan.
Kemampuan memimpin yang baik – Meski tidak senang memimpin, Deadshot adalah pemimpin yang kompeten dan tegas. Ia mampu beradaptasi dalam lingkungan apapun.

Peralatan dan Senjata Deadshot

Deadshot-weapon
Dalam berbagai aksinya, Deadshot menggunakan berbagai senjata dan peralatan. Berikut daftar lengkapnya :
Body Armour - Deadshot mengenakan sebuah armor yang dapat melindunginya dari tembakan peluru dan peledak berdaya kecil. Selain itu, ia juga menggunakan helm untuk melindungi kepala dan meningkatkan indera penglihatan dan pendengarannya.
Senjata Api di Pergelangan Tangan - Deadshot biasanya terlihat menggunakan dua senjata api yang dipasang di pergelangan tangannya. Senjata ini didesain sendiri olehnya. Selain menembakkan peluru biasa, senjata ini juga mampu menembakkan bom dan grappling hooks (pengait seperti milik Batman).
Senjata Lain - Selain beberapa senjata yang telah disebutkan di atas, Deadshot juga menggunakan senjata lain tergantung kebutuhan, seperti rifle, peluncur roket, dan bom.

Daftar Film dan Serial TV Yang Pernah Menampilkan Karakter Deadshot

Selain dalam media komik, Deadshot ternyata pernah muncul dalam film dan serial TV. Berikut daftar lengkapnya :

1. Batman: Gotham Knight (Film Animasi)

Deadshot_(Batman_Gotham_Knights)
Deadshot muncul dalam segmen ‘Deadshot’, ia digambarkan sebagai orang yang anti Batman dan dikontrak untuk membunuh sang manusia kelalawar. Jim Meskimen berperan sebagai pengisi suara Deadshot.

2. Superman/Batman: Public Enemies (Film Animasi)

Deadshot-superman-batman-public-enemies
Dalam film ini, Deadshot adalah salah satu villain yang memburu Superman dan Batman demi hadiah. Sepanjang kemunculannya, Deadshot tidak pernah berbicara.

3. Batman: Assault on Arkham (Film Animasi)

deadshot-assault-on-arkham
Deadshot adalah salah satu karakter utama dalam film ini, yang bercerita tentang usaha Suicide Squad menyusup ke dalam rumah sakit jiwa Arkham. Deadshot adalah pemimpin Suicide Squad. Neal McDonough berperan sebagai pengisi suara Deadshot.

4. Suicide Squad (Film Live-Action)

Deadshot-suicide-squad
Dalam film ketiga DCEU ini, karakter Deadshot diperankan oleh Will Smith.

5. Justice League (Serial Animasi)

Deadshot muncul sebagai karakter antagonist dalam episode ‘The Enemy Below, Part 1’. Dalam episode tersebut, ia disewa untuk membunuh Aquaman. Deadshot disuarakan oleh Michael Rosenbaum.

6. Justice League Unlimited (Serial Animasi)

Deadshot-justice-league-unlimited
Deadshot muncul dalam episode ‘Task Force X’ dan ditampilkan sebagai salah satu anggota tim Task Force X. Michael Rosenbaum kembali mengisi suara Deadshot.

7. Batman: The Brave and the Bold (Serial Animasi)

Deadshot-justice-league
Deadshot tampil sebagai salah satu dari sekian banyak penjahat yang membuat kekacauan dalam episode ‘Night of the Batmen!’. Deadshot diisi suaranya oleh Tom Kenny.

8. Smallville (Serial Live-Action)

Deadshot-smallville
Deadshot hadir dalam dua episode, pertama sebagai seorang pembunuh bayaran, dan kedua sebagai anggota Suicide Squad. Deadshot diperankan oleh Bradley Stryker.

9. Arrow (Serial Live-Action)

Deadshot-arrow
Deadshot, seorang pensiunan tentara yang menjadi prajurit bayaran, muncul beberapa kali sebagai penjahat dan anggota Suicide Squad. Ia muncul pertama kali dalam episode ‘Lone Gunmen’. Deadshot diperankan oleh Michael Rowe.

10. The Flash (Serial Live-Action)

The_Flash_2.13_welcome_to_earth_2_deadshot_singh
Versi ‘Earth 2’ Deadshot hadir dalam episode ‘Welcome to Earth 2’. Dalam episode tersebut, Deadshot adalah seorang polisi. Michael Rowe kembali berperan sebagai Deadshot.